Penguatan Hubungan Antar Masyarakat melalui program World Friends KOICA

01-Feb-2024
Bilateral

Kementerian Sekretariat Negara bersama-sama dengan Korea International Cooperation Agency (KOICA) Indonesia Office telah menyelenggarakan kegiatan joint inspection tenaga asing sukarela World Friends KOICA (WFK) dalam kerangka kerja sama teknik Pemerintah RI dengan Pemerintah Republik Korea di Pekanbaru pada tanggal 30-31 Januari 2024 yang lalu. Kegiatan joint inspection tersebut merupakan tindak lanjut dari penugasan dan penempatan tenaga asing sukarela WFK periode tahun 2023 di Pekanbaru, yang dimulai pada bulan Juli 2023. Perwakilan Kemensetneg dalam hal ini diwakili oleh Sdr. Aldi Triyanto selaku perwakilan Pokja Bilateral yang membawahi kerja sama dengan KOICA Indonesia, didampingi oleh Lee Jina selaku WFK advisor dan Alfiyah Umi perwakilan KOICA Indonesia Office telah bertemu dan berkunjung dengan Sdr. Lee Wona yang biasa dipanggil dengan Miss Via, yang ditempatkan pada SMKN 3 Pekanbaru.

 

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMKN 3 Pekanbaru, Dra. Mairustuti, M.Pd.  menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada KOICA Indonesia dan Kemensetneg terkait penugasan Sdri. Lee Wona di lingkungan SMKN 3 Pekanbaru. Selama 6 (bulan) penugasan, Sdri Lee Wona mendapat sambutan positif dan antusiasme yang sangat baik oleh seluruh jajaran tenaga pendidik, pengajar, petugas, dan utamanya siswa di lingkungan SMKN 3 Pekanbaru. Selama 14 jam dalam 1 minggu, Sdri. Lee Wona mengajar bidang studi pariwisata dan pendidikan budaya serta bahasa korea tingkat dasar kepada siswa dari berbagai kelas kejuruan di SMKN 3 Pekanbaru. Di kelas jurusan Tata Busana misalnya, Sdri. Lee Wona mengajar dan berbagi ilmu mengenai pembuatan Hanbok, busana tradisional yang digunakan pada kegiatan-kegiatan resmi di Korea. Sejauh ini penugasan Sdri. Lee Wona memberikan manfaat yang dirasakan oleh seluruh personil, pengajar, dan siswa di lingkungan SMKN 3 Pekanbaru.

 

Kegiatan Joint Inspection WFK baru diselenggarakan pertama kali sejak penugasan tenaga asing sukarela KOICA per tahun 2023. Sebelumnya dikarenakan pandemi COVID-19, kegiatan Joint Inspection ditiadakan. Program WFK sendiri mulai berlanjut kembali sejak tahun 2023 setelah selama pandemi COVID-19 kegiatan WFK dan penugasan tenaga asing sukarela tidak dilakukan mengingat sejumlah pertimbangan terkait faktor kesehatan dan keamanan bagi seluruh pihak.

 

World Friends KOICA Volunteer Programme merupakan salah satu bentuk kerja sama pengiriman tenaga asing sukarela dari Republik Korea ke Indonesia yang telah berlangsung sejak tahun 2008, di mana KOICA Indonesia bermitra dengan Kementerian Sekretariarat Negara menyepakati kerja sama dan kolaborasi dalam kerangka kerja sama teknik yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan antar masyarakat, sekaligus meningkatkan trust building dan hubungan bilateral kedua negara. Tenaga asing sukarela yang berasal dari Republik Korea tersebut biasanya bertugas selama satu tahun di beberapa wilayah yang menjadi lokasi kerja sama yang disepakati oleh Pemerintah RI dan KOICA. Hingga saat ini terdapat beberapa tenaga asing sukarela program lainnya yang bertugas di berbagai kota besar di Indonesia, mulai dari Padang, Bengkulu, Pekanbaru, Banjarmasin, Surabaya, dan Malang.

 

Oleh : Aldi Triyanto (Analis Kebijakan Muda pada Pokja Bilateral)
Editor : Tim PSI Biro KTLN