Sarana Layanan Aduan dan Informasi KTLN
(SALAM KTLN)

Selamat datang di Sarana Layanan Aduan dan Informasi

Biro Kerja Sama Teknik Luar Negeri (KTLN),
Kementerian Sekretariat Negara

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, Biro KTLN menghadirkan sarana layanan pengaduan terpadu berbasis web, SALAM KTLN. Pada halaman ini, masyarakat dapat menyampaikan pengaduan dengan nyaman dan memperoleh tanggapan secara tepat, tertib, tuntas, dan dapat dipertanggungjawabkan. Kami berharap melalui layanan ini, masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik dan kami berupaya untuk terus meningkatkan pelayanan yang ada di Biro KTLN. Selamat menggunakan layanan ini dan semoga bermanfaat.

Image Title
 

Alur Proses Pengaduan

 
Image Title

Pengisian Formulir

  • Pelapor mengisi formulir yang mencakup identitas diri pelapor secara lengkap, dimana hal ini diperlukan untuk menjaga keakuratan pemberian layanan pelaporan
  • Identitas pelapor akan dijamin kerahasiaannya
  • Pelapor akan mengisi uraian aduan yang minimal mencakup hal apa yang diadukan, lokasi kejadian, waktu kejadian, dan siapa yang melakukan
  • Laporan aduan dimaksud dilakukan paling lambat 30 hari setelah kejadian (sesuai Peraturan Presiden No. 76 tahun 2013)
Image Title

Analisa laporan aduan dan penyiapan tanggapan

  • Setiap laporan aduan yang masuk akan dikaji, ditelaah dan diklasifikasikan oleh Administrator
  • Laporan aduan yang memenuhi persyaratan akan diteruskan ke Bagian terkait untuk diproses

Tanggapan resmi

  • Setelah laporan aduan diproses oleh bagian terkait, tanggapan resmi akan dikirimkan kembali kepada pelapor
  • Tanggapan resmi diberikan paling lambat 7 hari sejak laporan aduan dinyatakan lengkap

 

Formulir Pengaduan

 

Silahkan isi formulir berikut ini secara lengkap dan bertanggungjawab. Identitas Pelapor akan dijamin kerahasiannya sesuai ketentuan perundang-undangan