Tawaran Pelatihan dari India Tahun 2019
Agustus 05, 2019 KTSST

Biro KTLN selaku National Focal Point untuk pelatihan dan beasiswa dalam kerangka kerja sama teknik kembali membuka tawaran beasiswa dari Pemerintah India untuk tahun 2019-2020 dalam kerangka Indian Technical & Economic Cooperation (ITEC) kepada pegawai negeri sipil di seluruh wilayah Indonesia. Program ITEC merupakan program yang didanai oleh Pemerintah India dan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia serta mempererat hubungan kerjasama dengan negara lain.

Calon peserta wajib menyerahkan seluruh berkas kelengkapan pencalonan kepada Biro KTLN Kemensetneg paling lambat 8 (Delapan) minggu sebelum waktu pelaksanaan pelatihan guna proses penerbitan endorsement letter, yang ditujukan kepada Kedubes India, sebagai dasar proses seleksi. Adapun berkas kelengkapan dan persyaratan untuk melamar pelatihan ini, yaitu:


  • Pegawai berusia maksimal 50 tahun saat melakukan pendaftaran pelatihan
  • Calon peserta melakukan registrasi secara online pada website ITEC https://itecgoi.in/stream_list.php. Formulir pencalonan online yang telah mendapatkan nomer ID kemudian di cetak dan ditandatangani oleh pejabat yang berwenang (minimal eselon 2) serta di cap basah

  • foto berwarna calon peserta ukuran 4x6 cm
  • surat rekomendasi pencalonan dari focal point masing-masing instansi contoh:

    - Focal point untuk perizinan pelatihan dan beasiswa di Kemensetneg adalah Pusdiklat Kemensetneg
    - Focal point untuk perizinan pelatihan dan beasiswa bagi guru adalah Kemendikbud, dan bagi dosen perguruan tinggi
    adalah Kemenristekdikti

  • daftar riwayat hidup dalam Bahasa Inggris
  • medical report yang ditandatangani oleh dokter yang berwenang
  • mampu berkomunikasi dan menulis dalam Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, untuk TOEFL minimal 450 atau IELTS minimal 5,5

  • surat keterangan bahwa tidak sedang melakukan pendaftaran atau mengikuti pelatihan lainnya (ditandatangani calon peserta dan pejabat minimal eselon 3 tempat calon peserta bekerja)



Berkas lengkap disampaikan dalam bentuk hard copy kepada Biro Kerja Sama Teknik Luar Negeri, Kemensetneg, yang beralamat di Gedung Kementerian Sekretariat Negara (Sayap Timur) Jalan Veteran III No. 9 Lt. 5, Jakarta Pusat 10110 dan soft copy dalam bentuk file pdf disampaikan ke alamat surel ktssbilateral@setneg.go.id dengan subject email “Pendaftaran ITEC”. Keterangan lebih lanjut mengenai program beasiswa ini dapat diperoleh di website ITEC https://itecgoi.in/index.php.

Penawaran Pelatihan Tentang Dokumen
Surat Penawaran Pelatihan Pelatihan dari Pemerintah India Download
Final Book Training Programme 2019-2020 Download


Top