Perkuat Kerja Sama Selatan-Selatan dan Triangular (KSST), Kemensetneg Hadiri Emerging Development Partners’ Meeting dan Development Leaders Conference

18-Jun-2024
SDGs

Dokumentasi Tim Infomed Kementerian Luar Negeri RI

 

Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menghadiri kegiatan Emerging Development Partners’ Meeting (EDP) dan Development Leaders Conference (DLC) yang diselenggarakan secara back-to-back pada tanggal 11-14 Juni 2024 di Hotel Intercontinental, Bali. Pertemuan yang digawangi oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), IndonesianAID, Norad Norwegia, dan Center for Global Development (CGD) ini menghadirkan Bambang Brodjonegoro, Mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional untuk memberikan key note speech pada pembukaan EDP serta Wakil Menteri Luar Negeri, Pahala Mansury untuk meresmikan dimulainya diskusi panel DLC.

 

Dokumentasi Tim Infomed Kementerian Luar Negeri RI

 

Pada pertemuan tersebut, Kemensetneg yang diwakili Kepala Biro Kerja Sama Teknik Luar Negeri menekankan poin bahwa kerja sama pembangunan internasional harus cerdas mensinergikan prioritas antara demand-driven dan donor-driven. Kerja sama pembangunan juga harus mampu menyesuaikan narasi kepada khalayak dalam negeri dengan mempertimbangkan sensitivitas politik maupun keuntungan yang mungkin diperoleh sebagai emerging economy. Di sisi lain, dalam peran global, Indonesia harus mampu menunjukkan bahwa peran aktif dan kepedulian yang tinggi atas isu solidaritas dan tantangan global, serta mengedepankan kepemimpinan dalam aspek geopolitik.

 

Dokumentasi Tim Infomed Kementerian Luar Negeri RI

 

Delegasi yang hadir dalam pertemuan tersebut bersepakat untuk mempersiapkan diri selama satu tahun ke depan guna kembali bersama-sama merumuskan kebijakan pembangunan internasional guna menghadapi tantangan global dan upaya pencapaian Agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) 2030 di Hamburg, Jerman tahun 2025. (Biro KTLN)