Monitoring dan Tinjauan Lapangan dan Diseminasi Peran International Organization for Migration: Perkuat Kerja Sama Pemerintah dan Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam Penanganan Pengungsi

25-Jun-2024
Multilateral Cooperation

 

Perwakilan Biro Kerja Sama Teknik, Kementerian Sekretariat Negara (KTLN Kemensetneg) menghadiri undangan kegiatan Monitoring dan Tinjauan Lapangan dan Diseminasi Peran International Organization for Migration (IOM) dalam hal penanganan pengungsi dari luar negeri maupun migrasi secara umum. Sdr. Nadiah Suhaima Ghina selaku perwakilan Kelompok Kerja Multilateral, Biro Kerja Sama Teknik Luar Negeri, Kementerian Sekretariat Negara hadir dalam acara yang diselenggarakan pada tanggal 24 s.d. 27 Juni di Kupang, Nusa Tenggara Timur tersebut. IOM merupakan organisasi internasional yang bermitra erat dengan United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) dalam isu penanganan pengungsi yang singgah di Indonesia sebelum para pengungsi ditempatkan di negara tujuan suaka. Sebagai informasi, saat ini jumlah pengungsi dari luar negeri yang berada di Kupang berjumlah 174 orang, berdasarkan data statistic UNHCR per April 2024.

Kegiatan tinjauan lapangan ini adalah upaya Pemerintah Indonesia untuk memastikan organisasi internasional yang bertugas untuk menangani pengungsi menjalankan mandatnya dengan baik, serta dalam rangka penguatan pemahaman peranan dan tugas IOM dan UNHCR kepada instansi-instansi pemerintah terkait di pusat dan daerah. Kegiatan tinjauan resmi dibuka oleh Chief of Mission IOM Indonesia pada hari Senin (24/6), dan dilanjutkan dengan serangkaian laporan maupun pemaparan, serta kunjungan. Adapun materi-materi laporan dan pemaparan yang diberikan kepada perseta selama tiga hari kunjungan meliputi: perlindungan migran, laporan kedatangan pengungsi, materi mengenai tata kelola imigrasi dan perbatasan, kebijakan dan data migrasi, penanggulangan pergadangan manusia, serta migrasi tenaga kerja dan inklusi sosial.