Subsidiary Arrangement antara Pemerintah Australia dan Pemerintah Indonesia

26-Jun-2022
Internasional

Beasiswa Australia telah hadir di Indonesia sejak tahun 1953 melalui program Colombo Plan Fellowships dan berlangsung hingga saat ini melalui Program Australia Awards in Indonesia (AAI). Program AAI merupakan kerja sama di bidang beasiswa antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Australia yang telah berlangsung sejak tahun 2014. Kementerian Sekretariat Negara melalui Biro Kerja Sama Teknik Luar Negeri menjadi focal point dalam mewakili Pemerintah Indonesia dalam penyelenggaraan Program AAI bersama Pemerintah Australia.

Duta Besar Australia untuk Indonesia

Pada tahun 2022, Program AAI memasuki fase baru dengan ditandatanganinya Subsidiary Arrangement between the Government of Australia and the Government of Indonesia Relating to the Australia Awards in Indonesia oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno bersama dengan Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams pada tanggal 26 Juni 2022. Subsidiary Arrangement ini akan berlaku hingga tahun 2026 dan dapat diperpanjang hingga tahun 2030.

Penandatanganan Subsidiary Arrangement antara Pemerintah Australia dan Pemerintah Indonesia

Penandatanganan Subsidiary Arrangement ini juga menandai diperpanjangnya penguatan kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Australia, khususnya di bidang pembangunan sumber daya manusia sebagai bentuk kolaborasi dalam pembangunan sumber daya manusia Indonesia yang kompeten dan berdaya saing global. Selain itu diharapkan kolaborasi ini semakin memperkuat hubungan kedua negara.